USAHA
KECIL MENENGAH
ANALISA
USAHA KECIL MENENGAH PADA ONLINE SHOP SAMPUL BINDER “ARFINURISA”
![]() |
Penulis
:
Bramandika
Kusuma Wijaya
Kelas
/ NPM :
3KB07
/ 21112497
Mata
kuliah :
Bahasa
Indonesia 2 (softskill)
Materi
:
Usaha
Kecil Menengah
UNIVERSITAS
GUNADARMA
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang Masalah
Desain produk merupakan
hal yang sangat penting dalam bidang penjualan produk. Desain produk yang baik
akan dapat meningkatkan jumlah dan harga jual dari produk, sehingga dapat
meningkatkan keuntungan. Akan tetapi, desain produk yang gagal mengakibatkan
produk tidak terjual. Hal ini, akan menimbulkan kerugian tidak hanya dibidang
desain saja, bidang yang lain pun akan terkena pengaruhnya. Desain produk yang
baik, harus memenuhi 3 (tiga) aspek penting yang sering disebut segitiga aspek
produk, yaitu kualitas yang baik, biaya rendah, dan jadwal yang tepat.
Pada era globalisasi
pada saat ini semakin banyaknya perusahaan yang mencoba untuk menciptakan
produk yang baru dari bidang kuliner, jasa sampai produk, dan juga semakin
memberikan kepuasan yang optimal kepada konsumennya, maka dari itu di tuntutnya
lah seorang pengusaha yang dapat bersaing di dalam persaingan yang sangat ketat
seperti pada saat ini.
Dalam proposal bisnis
kali ini kami ingin mencoba untuk membuat produk dan juga memasarkan produk
kepada konsumen, produk ini merupakan sebuah inovasi yang pernah ada sebelumnya
namun kami disini mencoba untuk mengembangkan produk ini, karna kami rasa
pangsa konsumen yang menggunakan Binder
(Buku Catatan) cukuplah besar. Dari pegawai kantor, anak SMA dan juga terutama
mahasiswa yang sering sekali kita lihat menggunakan Binder.
Namun disini kami
mencoba untuk membuat inovasi baru yaitu dengan membuat sampul untuk binder tersebut, kami melihat peluang
yang cukup besar dari sampul binder.
Karna kami telah melakukan survey,
ternyata sebagian orang yang sudah memiliki binder terkadang suka merasa jenuh
pada cover binder yang mereka miliki,
namun jika mereka ingin mengganti covernya mereka harus membeli binder yang baru, padahal binder yang
lamanya masi bisa di gunakan dan membeli binder akan lebih mahal dari pada
membuat sampul binder.
Cover binder yang kami buat saat
ini tidak hanya itu sampul binder saja,
melainkan yang kami buat memiliki banyak keguanaan yaitu bisa dirubah menjadi
dompet, tempa pulpen, tempat kartu, tempat untuk menaru uang dan juga ada
resleting sehingga konsumen merasa lebih nyaman. Disini kami juga menerima
pesanan sehingga konsumen dapat memilih motif
sampul binder seperti apa yang
dia inginkan.
1.2.Ruang Lingkup
Dalam
produk ini juga tidak hanya mengkhususkan untuk mahasiswa saja namun juga
kepada orang-orang yang menggunakan binder, karna pada saat ini banyak sekali
orang yang lebih menggunakan binder dari pada buku tulis, karena di rasakan
binder jauh lebih praktis dan dalam produk sampul binder ini tidak hanya
diperuntukan kepada pengguna binder saja namun juga kepada semua kalangan
karena selain bisa digunakan untuk sampul binder, produk ini juga dapat
digunakan sebagai alat untuk menyimpan uang, pulpen dan juga kartu-kartu.
1.3.Perumusan Masalah
1.
Apakah
usaha SAMPUL BINDER merupakan usaha
yang menguntungkan
2.
Kapankah
usaha SAMPUL BINDER mencapai titik
impas
3. Bagaimana saluran pemasaran usaha
SAMPUL BINDER
1.4.Tujuan
Program
Adapun tujuan dari
program kewirausahaan ini adalah:
1. Memperoleh keuntungan
2.
Memberikan
suatu inovasi yang baru kepada pengguna binder
3.
Menambah
relasi di lingkungan kampus
4.
Sebagai
lahan eksperimen berbisnis di tengah banyaknya pengangguran berijazah yang ada
di negeri ini
BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
Sampul Binder
merupakan bisnis perdagangan produk yang bertujuan untuk memudahkan pengguna
binder dalam memperoleh sampul binder yang beraneka motif. Sampul binder untuk
kalangan mahasiswa, pelajar maupun orang kantoran juga merupakan solusi yang
terbaik bagi mereka yang mulai jenuh dengan motif yang ada di bindernya
tersebut.
Dilihat
dari prospek usaha Sampul Binder sangat berpotensi untuk menjadi usaha
sampingan mahasiswa karena waktu kerja tidak menghalangi proses belajar. Selain
itu tugasnya untuk membantu mahasiswa serta menambah pengalaman, bukan hanya
mencari keuntungan.
Kelebihan
bisnis ini adalah memberikan kepuasan kepada konsumen dengan menyediakan sampul
untuk bindernya dengan motif yang dia inginkan dan juga dengan harga yang tidak
semahal dengan membeli binder dan juga tidak membuang binder yang lama yang
masi bisa digunakan.
Jam
operasional kegiatan usaha sampul binder ini terbilang cukup mudah karna disini
kami hanya membutuhkan bahan dan design untuk membuatnya, untuk bagian
menjahitnya sendiri kami mempercayai penjahit yang sudah biasa melayani jahitan
seperti ini dengan harga yang terjangkau pula.
Tahap
awal yang dilakukan dalam membangun usahanya yaitu dengan melakukan promosi
melalui media komunikasi seperti Path dan Instagram yang dikirim ke tiap
mahasiswa. Kami memilih jejaring social path dan instagram karena kami rasa
konsumen akan merasa lebih puasa karna bisa melihat foto dari barang yang akan
kami jual, sehingga dengan adanya promosi seperti ini akan banyak orang yang
melihat ke situs kami dan memesan sampul binder produksi kami.
2.1
ASPEK PEMASARAN
Kami
melakukan pengamatan terhadap mahasiswa Gunadarma sebagai calon konsumen
(target pasar) sehingga usaha ini memiliki pasar yang jelas. Setiap usaha yang
baru mulai memerlukan ketepatan-ketepatan dalam pengambilan keputusan. Jika
tidak, maka kegagalan akan muncul dalam usahanya. Ketepatan tersebut dapat
diperoleh melalui pendekatan yang sesuai salah satunya adalah analisis SWOT.
Analisis
SWOT adalah mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan
strategi perusahaan. SWOT adalah kependekan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat. Adapun penjabarannya adalah sebagai berikut:
- Strength atau
Kekuatan
- Konsumen dapat
langsung mengorder tanpa harus mencari di luar kampus dan juga dapat
mengorder dengan via BBM atau Line
- Menggunakan
pemasaran yang menarik dan agresif sebagai bisnis baru seperti
menggunakan Path, Intagram, memberi bonus dan bertemu secara langsung
- Usaha ini satu-satunya
dalam lingkungan kampus sehingga memancing rasa penasaran dan
keingintahuan calon pelanggan
- Lokasi yang
strategis dan mudah dijangkau oleh mahasiswa di kampus dan juga konsumen
yang ada di luar kampus.
- Menawarkan harga
yang terjangkau untuk konsumen
- Memiliki misi
untuk menjaga lingkungan, karena produk yang di ciptakan merupakan
bahan-bahan yang sudah tidak terpakai, seperti kain percak dan bungkus
sabun.
- Weakness atau
Kelemahan
- Sampul Binder ini merupakan produk baru
yang belum terlalu dikenal, untuk menangani kelemahan ini, kami melakukan
promosi secara terus menerus melalui media komunikasi serta pertemuan
langsung dengan konsumen
- Pengguna sampul
binder sendiri juga tidak terlalu banyak, maka pangsa konsumen yang kita
perkirakan hanya mahasiswa, pelajar dan juga orang kantoran.
- Opportunities atau
Kesempatan
- Dapat menitipkan
sampul binder kami ke kampus lain ataupun ke koprasi yang ada di sekolah,
dan juga menyediakan pin bbm jika ada yang berminat atau ingin memesan
bisa menghubungi kami.
- Dapat berkembang
menjadi usaha yang menawari berbagai macam bentuk sampul binder yang
menarik dan juga memiliki beberapa macam fungsi.
- Selama penelitian
bisnis ini kami mencoba untuk searching di internet apakah ada yang
menjual sampul binder ini, ternyata hanya ada satu produsen itupun hanya
ada di bandung.
- Threats atau
Ancaman
- Biasanya konsumen
yang merasa bosan dengan bindernya akan memutuskan untuk membeli binder
yang baru. Untuk mengatasi ancaman tersebut, diantisipasi dengan membuat sampul
binder yang memiliki beberapa fungsi yang menarik sampul binder kami bisa
dipesan sesuai permintaan konsumen
- Adanya pesaing
yang menjual sampul binder dengan harga yang lebih murah. Untuk mengatasi
ancaman tersebut, kami memberikan penjelasan kepada konsumen mengenai bahan
sampul binder kami serta cara pembuatan sampul binder dan kualitasnya agar
konsumen mengetahui mengapa kami memberikan harga yang berbeda dari
penjual lain
2.2
ASPEK TEKNIS
Produksi yang
dijalankan dalam sampul binder ini, karena perusahaan ini masih bersekala kecil
maka para anggota kelompok ini yang mempersiapkan keseluruhan sistem
produksinya secara sendiri seperti menyiapkan bahan baku, namun untuk
penjahitannya sendiri kami mempercayai penjahi yang biasa anggota dari kelompok
kami menjahit di sana.
Teknis
pembuatan atau produksi sampul binder ini adalah dengan membeli bahan baku yang
sekiranya akan dipergunakan untuk membuat 4 atau lima sampul binder sebagai
contoh dan dapat dijual langsung kepada konsumen yang berminat.
Keseluruhan
bahan baku yang digunakan untuk membuat sampul binder kemudian di simpan dan
sebagian kecilnya kami taro sebagai contoh bahan, jadi jika ada konsumen yang
berminat dapat langsung memilih bahan apa yang akan dia jadikan dampul
bindernya dan juga dapat memilih warna atau motif yang dia inginkan, sampul
binder yang sudah dijait tersebut kemudian dimasukkan kedalam kemasan plastic
yang rapi.
Dalam
pemasarannya kami baru memulai memasarkan kepada teman kelas kami 3EA25 di
kampus Gunadarma yang berada di J4 (Kemang), disini kami menjelaskan bahan apa
yang kami gunakan dan juga kami menjamin kualitas jahitannya, karna kami selalu
mengecek kembali kualitas jahitan pada produk kami, dan juga kami menjelaskan
bahwa harga yang di tawarkan tidak terlalu mahal dan pas dengan kantong mahasiswa.
2.3
ASPEK BIAYA
Sumber
dana untuk usaha yang akan dijalankan oleh perusahaan kami ini adalah dari dana
pribadi. Jumlah anggota kelompok adalah 5 orang, maka kelima orang tersebut
memberikan kontribusi untuk dimasukkan ke dalam modal awal pembuatan, pemasaran
serta penjualan sampul binder ini.
Para
anggota penyumbang dana disini diberi peran menjadi pemegang saham sehingga
mereka semua bertanggung jawab dalam usaha sampul binder ini. Hal tersebut
dapat memberikan tingkat serius yang lebih tinggi kepada seluruh anggota
perusahaan sampul binder ini mengingat bahwa seluruh dana anggota dimasukkan
kedalamnya sehingga apabila perusahaan mengalami kerugian, maka dia pun akan
kehilangan dana yang sudah diinvestasikannya tersebut.
BABIII
RINCIAN BIAYA 2 BINDER (ASUMSI)
- Biaya Pemasaran
(promosi) (variable)
- Pulsa : Rp. 3,000-/bln
(Rp. 6,000,-/2binder)
- Bingkisan : Rp
20,000,-/10bingkisan (Rp. 2,000,-/2binder)
- Biaya Modal
Produksi (variable)
- Pembelian bahan
baku
b. Nama
Bahan
|
c. Harga
|
Produksi
2 Binder
|
Kain Percak
|
Rp.10,000,-/Kantong Plastik
|
Rp
5,000,-
|
Jahit, dll.
|
Rp.10,000,-/ satu binder
Rp.15,000,-/ satu binder (resleting)
|
Rp
25,000,-
|
Total
|
Rp
30,000,-
|
Rekapitulasi Biaya
1. Biaya
Promosi (Asumsi) : Rp. 10.000
2. Biaya
Modal Awal 2Binder : Rp. 30.000
Total Pengeluaran :
Rp. 40.000 (2binder)
BAB IV
ANALISA TITIK IMPAS
Dalam menghitung analisis titik impas ini, kita
terlebih dahulu menentukan jumlah investasi awal. Investasi awal dapat kita
peroleh dari jumlah biaya tetap ditambah jumlah biaya total variable.
Kemudian setelah diketahui jumlah total nilai
investasi awal maka selanjutnya kita menentukan pendapatan bersih setiap
bulannya. Disini kita menggunakan nilai asumsi pendapatan bersih terendah
setiap bulannya.
Investasi awal : Biaya tetap + Biaya variable
:
Rp. 10.000 + Rp. 30.000
:
Rp. 40.000
Untuk mengetahui Analisa Titik Impas adalah
digunakan untuk memperkirakan seberapa cepat modal yang sudah dikeluarkan dalam
usaha Sampul binder ini segera dapat kembali kepada para pemegang saham
seutuhnya. Semakin cepat kembalinya modal kepada para pemegang saham, maka
semakin bagus investasi dalam usaha ini. Apabila semakin lama kembalinya modal
dalam usaha ini maka diperlukan untuk berfikir kembali apabila ingin meneruskan
usaha tersebut. Suatu usaha dengan jumlah modal tertentu apabila pengembalian
modalnya cukup lama, maka para investor akan kehilangan suatu peluang yang
dinamakan dengan peluang kesempatan. Peluang kesempatan tersebut adalah peluang
lain untuk para pemegang saham ketika sebelum membuka usaha tersebut. Bisa kita
ambil contoh daripada uang pemegang saham digunakan untuk berbisnis lebih baik
disimpan di Bank saja, hasilnya lebih jelas tiap bulannya walaupun
keuntungannya tidak seberapa.
Biaya Bahan Baku + Jasa Jahit :
- Binder 25,000,- (Resleting)
- Binder 20,000,- (Kancing)
Harga Jual :
- Binder 29,500,- (Resleting)
- Binder 26,000,- (Kancing)
Kesimpulan dari perhitungan di atas adalah harga
pokok produksi dari sampul binder yang besar (resleting) adalah Rp 25,000,- dan
dijual sebesar Rp 29,500,-. Lalu untuk sampul binder kancing harga pokok
produksi Rp 20,000,- dan dijual sebesar Rp 26,000,-. Jadi kesimpulannya adalah
usaha kami ini hanya mengambil untung sebesar 30% dari harga pokok produksi
sampul binder.
BAB
V
KESIMPULAN
Setelah melalui pembahasan diatas, maka dapat
disimpulkan bahwa usaha dari sampul ini sudah sangat layak untuk dijalankan.
Dalam cara menjalankannya pun terlihat tidak terlalu sulit, sehingga proses
penjualannya pun tidak terlalu memakan waktu dan fikiran terlalu banyak.
Setelah itu, modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha ini pun tidak
terlalu banyak, sehingga tidak akan terlalu menyulitkan kegiatan belajar
mahasiswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar