Dialog Desain
Dialog dalam
arti umum adalah percakapan antara dua kelompok atau lebih. Sedangkan dialog
dalam konteks perencanaan user interface adalah struktur dari percakapan antara
user dan sistem komputer.
Bahasa Komputer dapat dibagi atas tiga tingkatan:
Bahasa Komputer dapat dibagi atas tiga tingkatan:
- Leksikal:
- Merupakan tingkatan yang paling rendah
- yaitu bentuk icon pada layar.
- Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata
- Sintaksis
- Yaitu urutan dan struktur dari input dan output
- Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan grammar suatu kalimat
- Semantik
- Yaitu arti dari percakapan yang berkaitan dengan pengaruhnya pada struktur data internal komputer dan/atau dunia eksternal
- Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan arti yang berasal dari partisipan dalam percakapan
Dalam user interface, istilah dialog hampir mirip dengan tingkat
sintaksis, tetapi juga meliputi sifat-sifat leksikal
Dialog Manusia - Komputer:
Dialog Manusia - Komputer:
- Berbeda dengan dialog antar manusia pada umumnya, dialog dengan komputer biasanya terstruktur dan terbatas
- Beberapa ciri-ciri dari dialog terstruktur yang nantinya ditemukan dalam dialog komputer
- Menyebutkan beberapa hal tertentu secara berurutan
- Beberapa bagian dari dialog dilakukan secara bersamaan
- Dialog berikutnya tergantung pada respon dari partisipa
- Dialog terstruktur biasanya tidak langsung menuju pada arti kata- katanya / semantik tapi pada level sintaksis
Proses
Perancangan Dialog
Advice:
Advice:
- Rangkaian dialog menggambarkan struktur tugas
- Beberapa rangkaian dialog tambahan digunakan untuk user support, misalnya: help system, tutorial sub-sistem
- Rangkaian dialog diurutkan sesuai dengan struktur tugas
- Prinsip yang digunakan dalam desain dialog adalah membagi sistem menjadi beberapa bagian yang disebut module
- Biasanya user access bukan merupakan bagian dari task desription, tapi harus dimasukan dalam sistem yang baru
- Empat hal utama dalam desain yang harus diperhatikan dalam GUI metaphor:
- Pemilihan dan representasi dari conceptual metaphor
- Representasi dari obyek interaktif dalam metaphor
- Perancangan manipulasi untuk mengimplementasikan user action
- Desain micro-metaphor untuk control action dan representasi dari commands
Dalam mendesain dialog, diperlukan deskripsi yang terpisah dari
program secara keseluruhan
Mengapa perlu digunakan notasi deskripsi dialog yang terpisah?
Mengapa perlu digunakan notasi deskripsi dialog yang terpisah?
- Agar mudah di analisa
- Pemisahan elemen-elemen interface dari logika program (semantik)
- Apabila notasi dialog ditulis sebelum program dibuat, maka notasi tersebut bisa membantu desainer untuk menganalisa struktur yang diajukan
Notasi
Diagramatik
- Notasi Diagramatik paling sering digunakan dalam desain dialog
- Kelebihan: memungkinkan desainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog
- Kekurangan: sulit untuk menjelaskan struktur dialog yang lebih luas dan kompleks
Contoh
Notasi Diagramatik:
- State Transition Networks (STN)
- Hierarchical STN
- Harel’s State Charts
- Traditional Flow Diagrams (Flow Charts)
- JSD Diagrams
State
Transition Network (STN)
Komponen STN:
Komponen STN:
- Lingkaran: Menggammbarkan "state" dari sistem
- Tanda Panah: Yang terdapat pada state disebut juga transisi. Tanda panah ini diberi label yang menjelaskan tentang tindakan user yang menyebabkan transisi dan respon dari sistem
STN dapat
menggambarkan beberapa pilihan dialog:
- Urutan tindakan dan respon dari sistem
- Pilihan bagi user
- Iterasi
Hierarchical
State Transition NetworksStruktur Hierarchical STN mirip dengan STN, namun
memiliki tambahan berupa gabungan state. Penggunaan hirarki STN ini seperti
menggabungkan beberapa STN kedalam satu diagram besar, sehingga model ini dapat
digabungkan untuk sistem - sistem yang besar. STN hirarki dapat digunakan untuk
mendeskripsikan suatu sistem yang lengkap.
Harel's
State Chart
Dapat
digolongkan sebagai kelmpok STN. Dibangun untuk mensfesifikasikan secara visual
sistem relatif yang kompleks dan mampu mengakomodasi masalah seperti
concurrancy dan escape.
Flowchart
- Flowchart digunakan untuk mendeskripsikan dialog yang sederhana
- Flowchart mudah dimengerti dan simple
Jackson
Diagram JSD
(Jackson Structured Design) diagram digunakan untuk berbagai aspek dari
analisis tugas dan notasi dialog
Jenis - Jenis Dialog
Jenis - Jenis Dialog
- Command Language
- Merupakan paradigma user interface yang pertama kali
- Contoh: MS-DOS shell, UNIX shell, dBase
- Keuntungan:
- Lebih cepat
- Dapat melakukan kegiatan meskipun di luar batas
- Perulangan
- Implementasi yang mudah dan hemat
- Tujuan:
- Konsistensi
- Penamaan dan pemberian singkatan yang baik
- Melakukan tugas perancangan dapat membantu meminimalkan kekurangan
- WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer) Berfokus pada Menus, Buttons, Forms, Icons
- Direct Manipulation
- Definisi:
- Kesinambungan tampilan dari objek-objek dan aksi-aksi yang dilakukan
- Cepat, dapat dikembalikan, peningkatan aksi dimana efeknya dapat segera terlihat
- Penggantian dari sintaks command language dengan manipulasi langsung pada objek
- Keuntungan:
- Mudah dipelajari dan diingat, khususnya untuk pemula
- WYSIWYG
- Fleksibel: Menyediakan konteks dan tampilan yang cepat dari feedback, sehingga user dapat mengetahui apakah tujuan telah tercapai
- Membatasai beberapa jenis kesalahan yang dapat terjadi
- Kekurangan:
- Penggunaan seluruh ruang pada layar
- Harus mempelajari arti dari komponen-komponen yang tampak pada layar
- Tampilan visual mungkin dapat disalah artikan
- Penggunaan mouse dapat lebih lambat daripada pengetikan
- Tidak ada penjelasan otomatis
- Tidak bagus pada: pengulangan, penyimpanan history, tugas tertentu (seperti merubah semua huruf cetak miring menjadi cetak tebal), variabel
- PDA dan Pen
- Menjadi lebih umum dan penggunaan yang lebih luas
- Tampilan yang lebih kecil (160x160 atau 320x240)
- Tombol-tombol yang lebih sedikit, interaksi melalui “pen” (atau stylus)
- Peningkatan wireless, warna, memory yang lebih besar, CPU dan OS yang lebih baik
- Palmtop vs Handheld
Sebuah antarmuka pengguna adalah sistem dimana orang ( pengguna ) berinteraksi dengan mesin . User interface mencakup perangkat keras (fisik) dan perangkat lunak (logis) komponen. User interface yang ada untuk berbagai sistem , dan menyediakan cara:
- Input, memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sistem
- Output, memungkinkan sistem untuk menunjukkan efek manipulasi pengguna '
Dengan meningkatnya penggunaan komputer pribadi dan penurunan relatif dalam kesadaran sosial dari mesin-mesin berat , user interface istilah umumnya diasumsikan berarti antarmuka pengguna grafis , sedangkan diskusi desain panel kontrol industri dan mesin kontrol yang lebih umum merujuk pada antarmuka manusia-mesin.
Istilah lain untuk antarmuka pengguna termasuk antarmuka manusia-komputer (HCI) dan antarmuka manusia-mesin (MMI).
Sumber :
http://heriyanto-annafi.blogspot.com/2013/05/dialog.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar